Saturday, February 28, 2015

Edugreen Goes to School SMA Kristen Gamaliel Makassar

Edukasi ASEAN RBC dan Kolaboraksi

HGC Makassar bersama siswa dan Komunitas yang Hadir

Greeners! Edugreen Goes to School bersama Madama Radio kini berlanjut. Dan Sabtu, 28 Februari kemarin tiba giliran SMA Kristen Gamaliel Makassar yang menjadi salah satu sekolah yang dikunjungi oleh HiLo Green Community Makassar. Gimana serunya? Yuk kita simak.

Nah, pada edugreen kali ini ada sesuatu yang sepcial. Pasalnya, beberapa komunitas lingkungan yang ada di Makassar ikut berkolaborasi dan berbagi pengalaman serta edukasi kepada siswa-siswi Gamaliel.

Edukasi dan perkenalan komunitas lingkungan Makassar
Sekiranya ada delapan komunitas yang bergabung bersama, diantaranya HiLo Green Commynity Makassar, Lmen Community Makassar, Earth Hour Makassar, Kophi Sulsel, Sobat Bumi, Kowismu, Trees Life, dan Makassar Berkebun.

Mereka masing-masing diberi kesempatan untuk mmperkenalkan komunitasnya serta memaparkan beberapa program yang telah dilakukan. Seperti yang dipaparkan oleh perwakilan Earth Hour Makassar, yang fokus untuk melestarikan lingkungan dan hemat energi serta Makassar Berkebun yang mengajak untuk memanfaatkan lahan sebagai media cocok tanam.

Pemaparan ASEAN RBC Oleh kak Zacky Ghaasali
Pada kesempatan ini juga, siswa-siswi Gamaliel mendapatkan edukasi mengenai ASEAN Reusable Bag Campaign dari grand Finalis HiLo Green Ambassador Sulawesi selatan Zacky Ghaasali.

ASEAN RBC ini sendiri merupakan sebuah gerakan peduli lingkungan yang berkonsentrasi terhadap pengurangan penggunaan kantong plastik yang diinisiasi oleh Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) dengan nama program ASEAN Reusable Bag Campaign (ASEAN RBC). Kampanye ini dilaksanakan di 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Philippines selama 1 tahun kedepan.

Donasi Peralatan Kebersihan untuk SMA Gamaliel
Menurut Alexander selaku ketua OSIS SMA Kristen Gamaliel, hadirnya Edugreen Goes to School ini membawa nuansa baru di sekolah Gamaliel. "Kami sangat senang bisa menjadi salah satu sekolah yang dikunjungi, jadi bisa tambah pengetahuan utamanya tentang lingkungan. Dan sekolah Gamaliel juga sudah ikut mengedukasi siswa yang dimulai saat masa orientasi siswa," ungkapnya.

Nah, tak lupa pula HGC Makassar juga ikut mendonasikan peralatan kebersihan berupa tempat sampah organik dan anorganik yang diterima langsung oleh perwakilan sekolah dengan tujuan siswa-siswi Gamaliel tetap ikut aktif menjaga lingkungan kota Makassar. Nantikan aksi kami di Edugreen selanjutnya ya Greeners. Salam Gerak Lebih Gesit!!(rza/HGCMKS)

No comments:

Post a Comment