Sunday, March 1, 2015

1st Anniversary HiLo Green Community Makassar



Wah, gak kerasa yah! Satu tahun sudah HiLo Green Community Makassar hadir  dan menjadi wadah untuk para penggiat lingkungan di Makassar untuk melakukan aksi nyata demi menghijaukan kota Makassar. Nah, setahun perjalanan HGC Makassar pasti ada suka duka serta harapan tersendiri bagi Greeners HiLo Makassar. Yuk kita simak cerita mereka.


Zacky Ghaasali (Ketua HiLo Green Community Makassar)
"Kota Bandung banyak mengajarkan saya tentang bagaimana anak muda disana kreatif dan aktif menghabiskan masa muda mereka secara positif. Bermula bergabung bersama HiLo Green Community Bandung dan beraksi bersama dalam mengkampanyekan berbagai isu lingkungan, saya bermimpi untuk membentuk komunitas serupa dikampung halaman saya Makassar suatu saat nanti. Dan ketika saya harus kembali lagi ke Makassar karena mendapat pekerjaan, akhirnya mimpi itu saya beranikan untuk direalisasikan meski ada sedikit keraguan antusiasmenya tidak akan seperti di Bandung. Bersyukur bahwa keraguan itu tidak terbukti malah sebaliknya diluar dugaan, antusiasme teman-teman yang turut bergabung mendirikan komunitas ini sangat besar sekali. Tidak terasa kini kebersamaan kami ini telah memasuk tahun pertama yang bagi saya pribadi adalah hal yang mengharukan, banyak pengalaman yang saya dan teman-teman peroleh dari komunitas ini, meski masih banyak kekurangan yang perlu kami benahi, serta saya pribadi sebagai ketua komunitas HGC Makassar juga mempunyai tanggung jawab besar untuk bisa membawa komunitas ini lebih baik lagi.
Jika ditanyakan suka dukanya selama ini, sukanya tentunya selalu ada pengalaman dan tantangan baru yang mengasah kreativitas dan membuka relasi baru disetiap kegiatan. Dukanya mungkin secara pribadi terkadang masih belum bisa membagi waktu dengan baik..
Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman @HiLoMKS dan @LMenMakassar yang selama ini secara konsisten bersama-sama berjuang menginspirasi masyarakat untuk lingkungan yang lebih sehat dan hijau, kepada PT. Nutrifood Indonesia yang selama ini membantu kami, dan seluruh pihak yang selama ini mendukung dan pernah bekerja sama dengan HiLo Green Community Makassar. Ewako Makassar, dan Salam Gerak Lebih Gesit !"


Dian Lupita Herman
"Saya sudah bergabung di HiLo Green Community Makassar sejak awal terbentuknya HGC Makassar. Bisa dibilang saya salah satu pelopor dibentuknya HGC di Makassar bersama kak Zacky dan Didhi Zikran. Nah, bergabung di HiLo Makassar ini tentunya memberikan banyak pengalaman buat saya baik itu suka maupun duka. Apalagi berawal dari SDM yang masih sedikit sampe sekarang yang mencapai 30an orang. Dan kadang yang aktif cuma itu-itu saja padahal kan kalau bisa dibilang saya kami juga punya kerjaan, tetapi dengan semangat gerak lebih gesit kami tetap meluangkan waktu untuk tetap mejalankan aksi maupun kegiatan HGC. Selain itu, bergabung di HGC bisa kenal dengan petinggi-petinggi kota Makassar lewat event dan kegiatan yang kami lakukan. Dan yang lebih serunya, kegiatan-kegiatan yang diadakan selalu dikemas lebih menarik untuk tetap menumbuhkan semangat cinta lingkungan. Semoga kedepannya HGC Makassar terus kompak, dan mampu menjadi komuinitas yang memberikan inspirasi bagi masyarakat khususnya kota Makassar."



Ferdian Zikran
"Awal gabung di HGC Makassar ini bermula saat diajak oleh teman, dan ajakan ini betul-betul positif. Karena selain mendukung program pemerintah yaitu Makassarta' tidak rantasa HGC juga mampu memberikan kontribusi demi kelangsungan gaya hidup hijau. Nah, bergabung di HGC saya juga bisa ketemu dengan orang-orang yang sangat luar biasa. Meskipun awalnya anggotanya bisa dihitung dengan jari tapi HGC mampu memberikan banyak kontribusi untuk lingkungan kota Makassar. Terbukti dengan sebulan setelah launching HGC Makassar, kami mendapatkan penghargaan sebagai penyelenggara weekend bareng HiLo terbaik se-Indonesia, dan tentunya pengalaman paling seru yaitu saat saya terpilih sebagai delegasi Makassar untuk ikut dalam kegiatan HiLo National Green Camp di Puncak Bogor, Jawa Barat dan bertemu dengan penggiat lingkungan se-Indonesia. Harapannya kedepan semoga HGC Jauh lebih berkembang, dan yang paling penting bukan hanya foto selfienya yang banyak tetapi juga diimbangi oleh aksi hijaunya. Karena aksi hijau kita untuk lingkungan Makassar yang lebih baik."

Reza Kahlil
"Menjadi salah satu member HGC Makassar sejak launching 2 Maret tahun lalu tentunya bukan menjadi hal yang sia-sia. Bahkan menjadi sebuah hal yang sangat luar biasa. Karena selain bertemu dengan teman baru sahabat baru bahkan orang yang sudah saya anggap keluarga dengan minat yang sama, saya juga bisa bertemu dengan banyak orang-orang hebat dan inspiring serta membuat gaya hidup lebih hijau dan sehat. Suka dukanya, hampir gak ada duka, paling dukanya ketika lelah dalam menjalankan event tapi semuanya dibawa have fun, apalagi dengan dukungan dari teman-teman HGC Makassar yang saling memberikan dukungan.Sukanya banyak bangeet, apalagi ketika terpilih sebagai delegasi Makassar di HNGC 2014. Itu merupakan sebuah pengalaman luar biasa dengan bertemu dengan anak muda yang memberikan banyak inspirasi untuk menghijaukan bumi. Semoga di usia satu tahun ini HGC Makassar tetap menjadi komunitas yang menginspirasi dan selalu membawa dampak positif bagi anggotanya, masyarakat kota makassar, dan segala kalangan. Aamiin! Ewako HiLo Makassar dan Gerak lebih gesit!!


Ismawardhani
"Saya bergabung HiLo Green Community Makassar sejak dua tahun lalu (*ehh,baru first anniversary ya :D) gabung di HGC Makassar sejak dua bulan lalu. Meskipun masih anggota baru tapi suka dukanya udah ada. mau tau? cekidot! Nah, dukanya dulu ya, dukanya sempat tidak menghadiri event HGC Makassar, trus liat postingan teman-teman di kegiatan (event) itu, disitu kadang saya merasa sedih. Sukanya, suka sama anggota komunitas (*ehh) its more than words. Sukanya, walaupun masih terbilang baru tapi teman2 di HGC Makassar pada asik, gokil, seru banget pokoknya dan gak kalah kece. Kegiatannya so far, inspiratif, memberi dampak positif untuk lingkungan, jadi memotivasi diri untuk peduli lingkungan. Harapan untuk HGC Makassar semoga kedepan tetap bisa mempertahankan keeksistensiannya, semakin inspiratif, lebih produktif dalam mengedukasi lingkungan, dan tetap semangaaat,, hwaiting fighting!"



Fakhrulrijal
"Kalau ditanya kapan joinnya, saya sudah join sejak launching perdana tepat setahun yang lalu. Selama masuk di HGC Makassar banyak ilmu dan pengalaman yang saya peroleh diantaranya saya lebih lebih aktif dalam menjaga, memanfaatkan, dan melestarikan lingkungan. Bangga bisa menjadi bagian dari HGC Makassar, mempunyai keluarga baru yang begitu peduli terhadap lingkungan. Harapan saya semoga HGC Makassar semakin kompak, semakin aktif dan kreatif menginspirasi memberikan #edugreen kepada masyarakat khususnya anak muda,  semakin keren dan kece, semakin banyak event lingkungan yang dapat menarik banyak orang untuk join di HGC."



Annisa Desyana
"Bergabung sejak bulan September 2014 banyak suka duka yang dialami, terutama dari orang yang tidak mngenal HGC. Ada beberapa orang yang menganggap kegiatannya tidak terlalu penting. Namun, semua itu tidak menyurutkan saya dan HGC Makassar untuk tetap menunjukan eksitensi untuk tetap menjaga lingkungan kota Makassar, berkegiatan sosial, dan menjalin silaturahmi. Tetapi, disisi lainnya saya merasa sangat senang karena bisa mengenal banyak teman komunitas dengan berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda, memiliki passion dan semangat yang luar biasa. Yang kemudian, HGC ini menjadi komunitas yang populis, inklusif dan bersahabat. Dengan mengelola pengetahuan yang dikumpulkan untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan, baik itu jaringan maupun publik. Menjadi sumberdaya ide, kreatifitas dan kaderisasi kepemimpinan dalam penyelamatan lingkungan. Serta, menggalang dukungan nyata dari berbagai elemen masyarakat. Trus yang paling saya senangi juga karena semua orangnya bersahabat, kayak keluarga baru gitu. Mereka memiliki karakter yang berbeda, motivasi yang tinggi, dan berpestasi. Pokoknya saling menginspirasi satu sama lainlah."


Iqbal
"Menjadi salah satu peserta di Open Recruitment 2015 HGC Makassar menjadi pengalaman yang gak bakal saya lupakan. Punya banyak teman baru, terus bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang lingkungan termasuk juga senang bisa bersosialisasi dan mengedukasi anak sekolah untuk peduli dengan lingkungannya sendiri. Dukanya,hmm apa ya, karena saya adalah salah satu karyawan di sebuah perusahaan. Kadang kerjaan saya bertabrakan dengan kegiatan HGC Makassar dan disitu kadang saya merasa sedih, karena ketinggalan moment berharga di HGC Makassar. Harapan saya kedepan untuk HGC makassar, semoga anak-anak HGC Makassar bisa tetap kompak, dan Solid terus lebih sukses dan semoga semakin dikenal lagi hingga ke Mancanegara. Aamiin."



Ali Sadikin Fatmaja
"Joyeux Anniversaire pour HiLo Green Community Makassar!
Greatest hopes for our community that until we die, haha kidding, we still remain more active, compact, cheerful, and faithfully in carrying out the Mandate of Cleanliness of this Beloved City of Makassar! Suka Duka selama di komunitas ini pun cukup bejibun ya, mulai dari keterlelahan, ketercapekan, dan lain lain :')
tapi nggak sebandinglah dengan HAVE FUN yang didapat! Serius! Soalnya anak-anaknya kece beud, harmonis beud, dan unyu-unyu lucu."

2 comments:

  1. Bergabung di HGC Mksr kurang lebih sekitar 2 bulan yg lalu. Walaupun dibilang member baru tp saya merasa sudah lama kenal mereka sdh seperti saudara sendiri, mungkin kekeluargaan dan kekompakannya kali yah hehe.. ank2 HGC seru2 banget. Gokil. Kompak pokoknya Gilaaaaa hahaha. Tak byk yg saya harus cerita kan, namun Harapan saya buat HGC mksr di umurnya tepat 1 tahun semoga HGC makassar tidak bosan2nya mensosialisasikan dan mengedukasi ank muda makassar untuk selalu peduli Lingkungan. Jaga Kekerabatanta, kekeluargaanta, dan Budayata. Ewakoo Makassar. Ewako HGC . Ewako Gerak lebih Gesit. πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum kak gimana caranya untuk bisa bergabung dengan HGC ? ;)

    ReplyDelete