Wednesday, June 18, 2014

HGC Makassar Edugreen Goes to RHD

Belajar langsung dari Sang Maestro Lingkungan



GREENERS! HiLo Green Community Makassar mengadakan fieldtrip, Minggu, 27 April lalu. Sebanyak 11 greeners (sebutan akrab bagi penggiat lingkungan) ikut berpartisipasi dalam kegiatan kali ini.

Kegiatan yang disebut dengan Edugreen Goes to ini mengunjungi Ruah Hijau DEnassa (RHD) yang berlokasi di Kawasan Bontonompo kabupaten Gowa. RHD memang dikenal sebagai tempat konservasi tanaman dan tempat belajar bersama.

Kedatangan greeners HGC disambut gembira oleh Darmawan Denassa pendiri Rumah Hijau Denassa, apalagi antusias mereka bisa dibilang sangat tinggi. Buktinya beberapa diantara mereka banyak memberikan pertanyaan seputar materi yang memang sangat menarik untuk dipelajari.


Seperti pengetahuan tentang tanaman dan hewan lokal sulsel yang ada di RHD beserta kearifan lokal yang dianut oleh masyarakat Sulsel. Nah, beberapa tanaman tersebut ternyata memiliki keunikan dan cerita menarik dibelakangnya. Seperti tanaman 'Langoting' yakni tanaman yang daunnya dipercaya oleh masyarakat sebgai penangkal petir, dan masih banyak lagi ilmu-ilmu yang didapatkan lainnya.

Menurut Zacky Ghaasali kunjungan ke RHD, merupakan wadah edukasi bagi member HGC Makassar."Ini merupakan salah satu program kegiatan kami. Yaitu Edugreen goes to dimana kami mendatangi langsung tempat-tempat dan tokoh pahlawan dibidang lingkungan untuk bisa menambah pengetahuan dan mendapatkan pengetahuan secara langsung," ungkapnya.

Denassa pun mengungkapkan rasa gembiranya dengan kehadiran HGC Makassar ke RHD."Kedepannya banyak hal yang bisa dilakukan oleh generasi muda seperti HGC. Seperti konservasi lingkungan dan lebih banyak terlibat dalam kegiatan untuk menjaga kelangsungan hidup tanaman dan hewan di Sulsel," ujarnya.

"Apalagi banyak anak muda hanya mendengar nama sebuah tanaman tapi tidak pernah melihat wujud aslinya. Makanya kami hadir guna memberikan edukasi buat mereka," tambah Denassa.(HGC)

No comments:

Post a Comment